Ketangguhan Fortuner di EuroAsia

Fortuner SUV Terbaik | Ketangguhan VNT pada fortuner diesel variable nozzle turbo yang digunakan toyota fortuner diesel memanglah luarbiasa. perangkat ini dapat menambah output daya serta torsi dengan penting.

Dengan perangkat vnt tersebut, produksi tenaga meningkat dari 102 ps/3600rpm lantas 144ps/3400rpm. semntara torsi yang 26. 5kgm/1600 - 2400 rpm jadi 35kgm/1600-2800rpm. peningkatan penting itu hanya dikarenakan vnt dikarenakan mesin yang digunakan sama persis, yakni empat silinder diesel berkapasitas 2. 5 liter.


untuk tahu aksi vnt mendorong mesin lebih produktif, sebaiknya beri kesegaran ingatan perihal kerja turbocharger. tujuan pemasangan turbo yaitu memperkaya jumlah oksigen yang masuk rang bakar supaya pembakaran prima. tambahan oksigen ini disedot dari luar. turbocharger terdiri dari kompressor yang bertugas menyedot serta mendorong hawa ke area bakar. kompressor memiliki poros yang sama juga dengan turbin. bila turbin berputar, kompresor berputar juga menyedot hawa luar, nah turbin ini digerakkan gas buang dari mesin.
pada turbo biasa, supaya kompressor dapat efisien, diperlukan putaranturbin yang kencang. perihal itu cuma dapat dihasilkan bila tekanan gas buang cukup tinggi. atau dengan kata lain turbo baru efisien pada putaran mesin tinggi.

bagaimana memperoleh tekanan yang cukup pada putaran mesin rendah ? disinilah inovasi vnt. berneda dengan perangkat turbo biasa, tempat tinggal turbin dilengkapi bilah/sudu-sudu. sudu-sudu ini dapat diatur sudut bukaannya bergantung beban mesin, rpm, serta banyak variable yang lain. penggerak sudu-sudu yaitu motor listrik.

pada putaran rendah, saat tekanan gas buang tetap lemah serta tidak efisien memutar turbin, jadi sudu-sudu ditutup hingga gas buang mengalir di area sempit yang otomatis menambah tekanannya. akhirnya dapat memutar turbin dengan efisien yang bikin kompressor dapat bekerja sejak putaran rendah.

makin tinggi putaran mesin, sudut bukaan sudu-sudu semakin besar untuk hindari tekanana terlalu berlebih yang dapat mengakibatkan kerusakan perangkat turbo.

dikarenakan turbo terkait dengan aliran gas buang yang panas, jadi suhu hawa yang terhisap turut meningkat. walau sebenarnya bila suhu hawa panas bikin molekul oksigen renggang serta menipis. dikarenakan itu pada toyota fortuner diesel ini dilengkapi intercooler di antara turbo serta intake manifold untuk turunkan kembali suhu hawa yang panas supaya kandungan oksigen jadi lebih rapat.

sumber pendingin yaitu hembusan hawa luar yang dialirkan dari air scoop pada kap mesin fortuner diesel vnt yang sudah dapat dibuktikan dahsyatnya dari perjalanan toyota fortuner EuroAsia dari jakarta hingga ke Roma, Italia.